SAR Human Nature Care atau biasa di sebut SAR HNC Lanud Adi Soemarmo adalah organisasi/lembaga yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan serta kepedulian lingkungan yang melalui kegiatan pokoknya yaitu unit emergensi SAR (search and rescue) di bawah binaan Lanud Adi Soemarmo, berlokasi di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, lebih tepatnya di bandara lama Adi Soemarmo Solo.

Tujuan Organisasi

SAR HNC Lanud Adi Soemarmo bertujuan untuk membentuk generasi muda menjadi manusia beriman, berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bermoral dan bermental baja, pancasilais sejati, sehat jasmani dan rohani, serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan alam sekitar.
Juga turut membangun tanah air, bangsa, dan negara republik Indonesia melalui kegiatan pokoknya yaitu unit emergensi SAR (search and rescue) di bawah binaan Lanud Adi Soemarmo.

Organisasi SAR HNC Lanud Adi Soemarmo adalah organisasi yang memiliki aturan dan norma yang khas, baik tertulis maupun tidak tertulis, yang senantiasa berlaku dan dihormati oleh anggotanya.

Unit Emergensi

Melihat ruang gerak dan posisinya sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai layanan SAR, maka segenap anggotanya harus bisa memenuhi kemampuan dasar di bidang SAR sehingga bisa berperan maksimal untuk menjadi unit layanan penanganan emergensi di kawasan bandara Adi Soemarmo pada khususnya dan sebagai unit emergensi wilayah Jawa Tengah pada umumnya.

Kegiatan Pokok

Secara umum, misi SAR HNC Lanud Adi Soemarmo adalah menjadi sebuah organisasi pendidikan, kepedulian lingkungan dan sosial kemanusiaan.

Dalam menerapkan tujuannya, terdapat empat kegiatan pokok SAR HNC Lanud Adi Soemarmo yang meliputi:

  • Pendidikan dan pelatihan.
  • Lingkungan hidup.
  • Kegiatan operasional SAR.
  • Sosial kemanusiaan.

Pendidikan dan pelatihan baik di gunung, hutan rimba yang lebat, jurang yang dalam, tebing terjal, bergulat dengan arus deras dan bersosial masyarakat, disadari atau tidak, tentu akan memberi pengaruh pada karakter seseorang.
Berbagai rintangan yang dihadapi akan membuat orang menjadi lebih tabah dan tidak mudah putus asa.
Dan di tengah kebesaran alam, keindahan dan mungkin keganasannya, seorang anggota SAR HNC Lanud Adi Soemarmo akan menyadari keagungan Tuhan Sang Pencipta, itulah cara SAR HNC Lanud Adi Soemarmo mendidik para anggota-anggotanya.