Latihan Gabungan Dasar Rescuer Tahun 2015 yang diadakan di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo SOLO, di ikuti oleh kurang lebih 260 personil, baik pendukung maupun peserta. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 13 s/d 16 Juni 2015 di buka oleh Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suprayogi selaku Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR Basarnas, prosesi upacara pembukaan Latgabsar Rescuer dasar Tahun 2015 resmi di buka bersamaan dengan suara ledakan TNT.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lanud Adi Soemarmo, Basarnas dan SAR HNC Lanud Adi Soemarmo ini bertujuan untuk memberikan pembinaan potensi SAR di wilayah Surakarta, Karanganyar, Sukoharjo, Sragen, Wonogiri, Klaten dan Boyolali. Bahkan beberapa instansi maupun lembaga yang berada di 7 wilayah tersebut ternyata sangat antusias dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartosuro, Brimob Surakarta, Angkasa Pura I, BPBD Karanganyar, BPBD Surakarta bahkan beberapa komunitas dari luar 7 wilayah tersebut ikut berpartisipasi dengan menjadi peserta Latihan Gabungan Dasar Rescuer, diantaranya dari wilayah Yogyakarta, Cilacap, dan Jakarta (Komunitas Kali Ciliwung).

Dalam kegiatan ini, selaku pelindung adalah Komandan Lanud Adi Soemarmo beliau Kolonel Pnb. Hendrikus Haris Haryanto dan selaku Koordinator Latihan adalah Letkol Pnb. A.P.U. Tarigan.

Adapun materi yang diberikan dalam Latihan Gabungan Dasar Rescuer Tahun 2015 ini adalah Water Rescue (WR), High Angle Rescue Technical (HART) dan Medical First Respons (MFR) dan di akhir kegiatan sebagai materi penutup, peserta diberikan materi Heli Rescue.

Suksesnya kegiatan ini tidak lepas dari peran serta dari TNI AU khususnya Lanud Adi Soemarmo, Basarnas khususnya Kantor SAR Semarang dan Pos SAR Surakarta serta seluruh pendukung dan peserta.
Kedepannya, kegiatan seperti ini dapat terlaksana kembali dengan materi yang lebih spesifik dan peserta yang lebih banyak, tentunya dengan dukungan dari berbagai stakeholder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *