Krisis pandemic COVID-19,

selama pandemic tersebut, seluruh kegiatan kita dihadapkan dengan prosedur atau protokol kesehatan. PHBS pun menjadi sesuatu yang harus kita lakukan. Tak lepas dari pengaruhnya COVID-19, kami mendapatkan beberapa pertanyaan, bahkan mungkin dari Anda juga tidak mengetahui tentang cara mendisinfektan peralatan-peralatan rescue Anda (dengan pengecualian, peralatan yang tidak dipergunakan untuk kontak langsung dengan pasien COVID-19). Inilah jawaban sekaligus dasar-dasar yang perlu Anda ketahui.

Foto Sumber : Petzl.com

Untuk membersihkan PPE (Personal Protective Equipment) atau biasa di sebut APD atau peralatan lainnya, silahkan untuk mengikuti instruksi atau pedoman yang diberikan dalam pemberitahuan teknis untuk tiap-tiap produk.
Sebagai pengingat, pembersih kimia bisa merusak plastik dan tekstil dan memecah serat. Satu-satunya produk pembersih yang diuji dan direkomendasikan adalah sabun dan air.
Dalam kasus spesifik seperti pandemic COVID-19, metode desinfektan rumah sakit melibatkan suhu tinggi (>150°C) atau suhu rendah (<100°C) dan menggunakan pemutih. Protokol seperti tidak bisa diterapkan untuk PPE atau peralatan lainnya.
Hingga saat ini, belum ada otoritas kesehatan manapun yang mengumumkan protokol disinfektan resmi dan handal menggunakan suhu rendah (<100°C) serta tanpa pemutih.

Mengingat hal tersebut, maka kami sarankan untuk menggunakan protokol sebagai berikut:

  1. Menggunakan periode karantina 72 jam, untuk peralatan yang sudah di pakai.
  2. Lakukan proses pencucian menggunakan produk-produk cuci tangan dengan sabun dan air, pada suhu maksimum 65°C (Peringatan: ini adalah tindakan luar biasa selama pandemic COVID-19. Jika tidak, dalam keadaan normal, harap cuci peralatan Anda pada suhu 30°C seperti yang ditunjukkan dalam buku pemberitahuan teknis ).

Untuk proses pengeringan peralatan PPE Anda, silahkan ikuti instruksi yang diberikan dalam pemberitahuan teknis.
Protokol ini akan sangat mengurangi resiko kontaminasi, tetapi tentu saja tidak dijamin 100%. Anda juga dapat meminta informasi lebih lanjut dari otoritas kesehatan setempat tentang protokol disinfektan pada suhu rendah.

HARAP DICATAT: Produk pembersih yang dikembangkan oleh ECOLAB, bila diterapkan seperti yang di tulis di atas, juga kompatibel dengan semua peralatan PPE/APD dan dapat digunakan. Namun, dari hasil riset, kami tidak tahu sampai sejauh mana jika produk ECOLAB efektif dalam membunuh atau mencegah penyebaran virus COVID-19. Silakan kunjungi situs web ECOLAB Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Sumber : PETZL - RECOMMENDATIONS FOR DISINFECTING YOUR EQUIPMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *