Adi Soemarmo Adventure Community Gathering (AACG) ke-2, tahun 2017.

Yang diadakan pada Minggu (22/10/2017) berlokasi di lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo Solo,  diserbu oleh ribuan pecinta motor trail.

Kedatangan mereka tak lain adalah untuk mengikuti AACG ke-2. Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb. M Tonny Harjono, mengatakan event kedua kalinya tersebut adalah serangkaian kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-72 TNI, sekaligus sebagai ajang berkumpul dan silaturahmi serta menyalurkan bakat bagi komunitas pecinta trail di Wilayah Solo Raya.

"Kami merasa bahwa TNI berasal dari rakyat maka dalam acara ini juga diadakan bakti sosial untuk warga sekitar, anjangsana panti asuhan dan memperbaiki sarana di desa," ungkapnya.

Para peserta AACG kedua ini tidak hanya dari Solo, para pecinta motor trail itu datang dari berbagai daerah di Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Bahkan, paling jauh ada dari Jawa Timur (Jatim) dan Banten, Jawa Barat (Jabar). Total peserta 2.000 dan para rider tersebut diberangkatkan secara berkelompok dari Lapangan Lanud Adi Soemarmo mulai pukul 08.00 WIB. Para rider akan menyusuri rute perjalanan sepanjang 50 kilometer, melewati belasan tanjakan yang telah disiapkan oleh panitia dan bagi para rider yang berhasil melewati tanjakan itu mereka akan diberikan hadiah.
"Peserta akan mendapat hadiah apabila berhasil melewati tanjakan yang kami anggap ekstrim atau menantang dari tanjakan biasanya," ungkap Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb. M Tonny Harjono.
Selain itu, pihaknya menyiapkan hadiah utama satu unit rumah di kawasan Mojosongo dan empat unit motor trail bagi peserta, "Ini bukan kejuaraan, tapi kami menghargai skill seseorang yang melewati tanjakan yang menurut kami tingkat kesulitannya lebih dari tanjakan biasa."

Danlanud Adi Soemarmo, Kolonel Pnb. M Tonny Harjono, mengimbau peserta Adi Soemarmo Adventure Community Gathering (AACG) untuk mengutamakan keamanan.
"Kita meminta kepada para peserta untuk mengutamakan keamanan (safety)," kata Danlanud di sela AACG ke 2 Tahun 2017 di Lapangan Dirgantara Pangkalan Lanud Adi Soemarmo.
Apabila ada peserta yang tidak memenuhi standar keamanan tersebut, Danlanud meminta kepada panitia untuk tidak mengijinkan peserta itu ikut dalam event memperingati HUT ke-72 TNI.

"Kalau tidak ada deker, sepatu trail, dan perlengkapan safety lainnya itu kita stop."

Menurut Danlanud, perlengkapan safety tersebut penting untuk diperhatikan para peserta supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan selama kegiatan berlangsung.

"Kita tidak mau ada sesuatu yang tidak diinginkan selama kegiatan ini," ungkapnya.

Untuk kelancaran kegiatan ini, Lanud Adi Soemarmo menurunkan semua personilnya, dan mereka terbagi dalam kepanitian, PAM rute, tim evakuasi, serta medis dan ambulan.
Bahkan dari Pos Basarnas Solo juga ikut menurunkan personilnya untuk membantu kelancaran serta mensukseskan kegiatan ini. Sementara dari organisasi binaannya yaitu SAR HNC Lanud Adi Soemarmo, menurunkan 33 personil dan mereka tersebar di semua pos sebagai tim evakuasi berdampingan dengan anggota SENKOM Lanud Adi Soemarmo.

Kegiatan yang bisa dikatakan high risk accident activity, dengan berbagai macam variasi tikungan serta tanjakan, tidak membuat para peserta menjadi ciut nyalinya, bahkan mereka tak segan-segan untuk mencoba tanjakan tersebut berulang-ulang. 
Seperti yang terjadi di salah satu tanjakan yang berada di pos Desa Kepoh, terpaksa salah satu rider yang berasal dari Temanggung, terpaksa harus di larikan ke rumah sakit menggunakan ambulan, karena mengalami insiden.

Tanjakan Arjuna, juga terjadi insiden dan rider mengalami cidera kaki, namun tidak fatal dan segera dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulan.

"tak jatuh maka tak seru"

itu ungkapan para rider, walaupun rute pada AACG ke-1 tahun lalu (23/08/2016) dan AACG ke-2 untuk rute bisa dikatakan sama, tapi antusias serta animo para rider baik di wilayah Solo ataupun diluar Solo justru meningkat, buktinya dengan jumlah peserta yang mencapai 2.000 orang, ungkap salah satu rider dari Kota Semarang yang ditemui di Pos Mbah Jenggot, ternyata rider tersebut tahun kemarinpun (AACG ke-1) juga ikut serta.

One thought on “Rangkaian HUT ke-72 TNI, Lanud Adi Soemarmo Gelar AACG ke-2”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *