Senin (30/10/2017) sekitar pukul 06:30 WIB di jembatan Jurug telah terjadi kecelakaan yang merenggut satu nyawa. Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Satpam Stasiun KA Solo-Jebres Endro Yudhia Saputra ke Polsek Jebres, untuk lokasi kejadian berada di Jembatan Jurug 258+360 Pucangsawit, Jebres, Surakarta.

Korban belum bisa teridentifikasi dan pihak Polsek Jebres segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan menghubungi BE SAR UNS, selaku potensi SAR terdekat dengan lokasi kejadian untuk mengajak koordinasi bersama dengan potensi SAR lainnya serta Basarnas Pos Surakarta dalam pencarian korban kecelakaan tersebut.

Selasa (31/10/2017) pukul 10:30 wib, operasi gabungan di buka dan di ikuti oleh beberapa potensi SAR seperti BE SARoperasi air jurug UNS, BPBD Surakarta, BASARNAS, SRU, MTA, I-DERU, SAR Karanganyar, SERI, KRI dan SAR HNC Lanud Adi Soemarmo.

Tim advance yang diturunkan dari SAR HNC Lanud Adi Soemarmo adalah Andri Wijayanto dan Fajar Rahmat Capelo, bertugas untuk orientasi medan serta membuat dan menilai kebutuhan peralatan juga personil. Operasi pertama yang dilakukan dengan penyisiran mulai dari LKP hingga radius 200m di pimpin langsung oleh Basarnas Pos Surakarta yang bertindak selaku OSC (On Scene Commander).

Setelah break untuk istirahat, jam 12:45 wib tim SAR gabungan kembali melakukan penyisiran hingga radius 500, setelah mendapat informasi dari petugas yang membangun talud sungai Bengawan Solo yang melihat korban mengapung dan tersangkut di bebatuan kurang lebih 500m dari LKP dan segera melakukan evakusi korban yang berjenis kelamin laki-laki.

Pukul 13:25 wib Polsek Jebres beserta team investigasi (Inafis Polri) melakukan olah TKP penemuan dan pukul 13:35 wib jenasah korban di bawa ke rumah sakit.

Pukul 14:00 wib, operasi SAR gabungan dinyatakan selesai di tutup, untuk selanjutnya personil SAR gabungan di bubarkan dan di kembalikan ke instansi masing-masing.

operasi air jurug
operasi air jurug
operasi air jurug
operasi air jurug

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *