Saat menggunakan peralatan untuk turun ataupun bermanuver, karabiner atau kadang disebut cincin kait adalah penghubung yang sangat penting dalam rantai pengaman. Keamanan pengguna seringkali bergantung pada satu karabiner.
Untuk menghindari resiko rusak atau tidak sengaja membuka karabiner, sangatlah penting untuk kita mengetahui cara memilih dan menggunakannya.

Seperti Petzl, KONG, RockExotica, CMCPro, mendesain karabiner dalam beberapa bentuk dan dengan berbagai sistem penguncian (locking). Ini memungkinkan si pengguna untuk bisa memilih fitur yang paling tepat dan efisien untuk berbagai penggunaan spesifik. Memilih karabiner yang salah, sering kali diartikan untuk mengurangi efisiensi dan/ atau kenyamanan. Dalam beberapa kasus yang ekstrim dapat mengurangi tingkat keamanan.

Bentuk Karabiner

Silahkan di cek >>>>

Karabiner Sistem Lock

Silahkan di cek >>>>

Penggunaan karabiner yang tepat dan praktik terbaik

Sebuah karabiner dirancang untuk diberi bobot di sepanjang sumbu utamanya, dengan “gate” tertutup dan terkunci. Ini adalah posisi karabiner terkuat. Semua posisi lain meningkatkan risiko
gate terbuka yang tidak disengaja dan karenanya membahayakan pengguna.

Tiga Praktek Terbaik :

  1. Pilih alat yang tepat.
    Pastikan bahwa karabiner yang Anda pilih cocok untuk penggunaan yang dimaksudkan dan kompatibel dengan sisa perlengkapan Anda; gunakan aksesori untuk posisi kerja untuk menempatkan diri Anda di posisi terbaik.
  2. Posisikan karabiner dengan benar dari awal.
    Pada harness Anda, pada anchor, pada saat turun, atau di ujung lanyard, ketika menempatkan karabiner, pastikan bahwa posisinya benar-benar diposisikan dan ditutup.
  3. Pantau karabiner saat digunakan.
    Karabiner bergerak ketika digunakan, ditarik oleh tali, menabrak batu, dan bergetar saat Anda bergerak. Periksa secara teratur bahwa karabiner belum bergerak ke posisi berbahaya dan sistem penguncian tetap tertutup meskipun ada getaran.

Tips Dasar untuk Karabiner

Memilih karabiner yang tepat untuk menghubungkan peralatan ke harness Anda

Berdasarkan bentuk karabiner, ukuran pembukaan, dan frekuensi penggunaan, perangkat yang berbeda tidak terhubung ke harness dengan karabiner yang sama.
Kiat teknologi berikut akan memberi Anda rekomendasi tentang karabiner yang tepat dipilih untuk beberapa peralatan utama.

I’D dan RIG descenders dengan safety gate

ASAP dan ABSORBICA

ZIGZAG descender

ZILLON dan GRILLON lanyards

Memilih karabiner yang tepat untuk tali anchor, lanyard, sistem hauling, dan penggunaan lainnya.

Situasinya jauh berbeda antara karabiner di ujung lanyard yang akan terus di buka dan di tutup, dan karabiner penahan untuk tali tetap yang akan tetap di tutup untuk jangka waktu lama tanpa di periksa. Kiat teknologi berikut memberikan rekomendasi dan pilihan karabiner yang tepat untuk sebagian besar kasus.

Anchors

Di bagian ujung Lanyard Fall Arrest

Di bagian ujung Lanyar untuk bekerja

Hauling dan pulley


sumber :
Rigging Lab Academy – Lance Piat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *