Bandara internasional Adi Soemarmo menggelar simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) pada Rabu (23/3/2016). Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan kesiagaan para petugas di lapangan, khususnya saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Menurut Operation Director Angkasa Pura I Wendo Asrul Rose, latihan simulasi yang digelar di Bandara Adi Soemarmo merupakan simulasi berskala besar (full scale exercise) yang terdiri dari simulasi penanganan kecelakaan pesawat, pengamanan terorisme, penanganan kebakaran gedung juga simulasi penanganan media handling saat kondisi gawat darurat.
Latihan ini merupakan latihan terpadu yang diikuti oleh 13 Bandara di bawah naungan Angkasa Pura, TNI AU, KKP, Basarnas maupun tenaga medis dari rumah sakit sekitar. Jumlahnya sekitar 900 personil.

“Latihan ini merupakan latihan gabungan yang dilakukan secara rutin dan bertujuan untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi, juga komando antar unit dan instansi sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara dan Dokumen Program Keamanan Bandar Udara,” jelasnya di Boyolali Jawa Tengah, Rabu (23/3/2016).

Simulasi ini juga dilengkapi dengan alat pendukung kelengkapan perlengkapan tanggap bencana seperti mobil pemadam kebakaran, ambulan dan fasilitas lainya untuk lebih memantapkan kemampuan masing-masing personil.

Selain itu lanjut Wendo kegiatan simulasi ini akan rutin digelar bergantian di seluruh bandara di Indonesia. Setelah Bandara Adi Soemarmo, Angkasa Pura I sebagai bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia juga menggelar simulasi di tiga bandara lain yaitu Bandara Frans Kaisiepo Biak, Juanda Surabaya dan I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sementara itu General Manager Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman juga menyampaikan pengelola bandara akan selalu berkomitment memenuhi aspek dasar yang meliputi 3S+C1 yakni Safety, Security, Service dan compliance.

“Pasalnya aspek keselamatan dan keamanan penerbangam merupakan prioritas utama karanq terkait dengan keselamatan jiwa manusia,” pungkas Abdullah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *