Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb. M. Tonny Harjono membuka latihan SAR (Search and Rescue) gabungan antara Lanud Adi Soemarmo, Basarnas kota Surakarta dan SAR HNC (SAR Human Nature Care) di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Kabupaten Karanganyar, Senin (8/5/2017).

Dalam sambutannya Danlanud Adi Soemarmo mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya latihan SAR Gabungan yaitu untuk mendidik dan melatih ketrampilan, kecakapan serta meningkatkan kemampuan dalam bidang SAR.

Danlanud mengharapkan setelah latihan SAR ini, para peserta latihan yang terdiri dari anggota Lanud Adi Soemarmo dan anggota muda SAR HNC, agar mampu mengawaki sarana dan prasarana, sekaligus meningkatkan kesiapan operasional SAR baik personel maupun segala perangkat pendukungnya dalam rangka penanganan bencana.

“Mengingat pentingnya latihan ini, saya tekankan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan latihan ini dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh semangat, serta mematuhi semua prosedur latihan yang berlaku, sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal sesuai dengan program latihan yang telah direncanakan”, tegas Danlanud Adi Soemarmo.

Diakhir amanatnya Danlanud menyampaikan harapan agar dalam latihan SAR ini diperoleh hasil yang optimal, tetapi tidak mengabaikan faktor keselamatan dan keamanan kerja.

Sedangkan Kasi Opslat Disops Lanud Adi Soemarmo Mayor Pas. Suparno mengatakan latihan SAR gabungan ini merupakan pelaksanaan Program Kerja Lanud Adi Soemarmo Triwulan II Tahun Anggaran 2017. Kegiatan latihan ini dilaksanakan dari tanggal 8 Mei sampai dengan 10 Mei 2017.

Adapun materi latihan SAR yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan baik teori maupun praktek diantaranya rappelling, turun tebing dan taktik pencarian darat. Dalam kesempatan tersebut juga digelar peralatan dan kelengkapan SAR seperti Ambulans, kendaraan rescue, peralatan HART, dan peralatan water rescue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *